Pemerintah Kabupaten Tabalong

Islamic Center Icon Tabalong dan Adaro

Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong menyelenggarakan syukuran dalam rangka menyambut HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2012 sekaligus buka puasa bersama. Kegiatan ini juga dibarengkan dengan silaturrahmi Gubernur Kalimantan Selatan dan pimpinan PT Adaro Indonesia, Kamis (9/8/2012) tadi bertepatan dengan hari ke 20 ibadah puasa yang mengambil tempat di Mesjid Islamic Center Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.
Bupati Tabalong Drs H Rachman Ramsyi MSi dalam sambutannya menjelaskan bahwa Mesjid Islamic Center merupakan persembahan dari PT Adaro Indonesia. Rencananya ujar Bupati, mesjid tersebut akan diresmikan 1 Desember 2012 mendatang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tabalong.
“Masih banyak yang perlu disempurnakan termasuk tulisan-tulisan kaligrafinya,” jelasnya.
Selain itu, pemerintah daerah juga akan memindahkan Kantor Dinas Pendidikan dan membangun pemondokan di dekat Mesjid Islamic Center tersebut.
“Jika kantor Dinas Pendidikan dan pemondokan telah berdiri, diharapkan para karyawan Dinas Pendidikan maupun para guru yang datang berurusan, bisa ikut memakmurkan mesjid, begitu juga dengan para santri,” harap Rachman.
Presiden Direktur (Presdir) PT Adaro Indonesia H Boy Garibaldi Tahir dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa ide awal pembangunan Islamic Center berasal dari Bupati Tabalong sendiri saat bertemu dan berdiskusi dengan dirinya beberapa waktu lalu.
Dari pembahasan itu, PT Adaro menyarankan agar dibangun juga sarana-sarana lainnya, sehingga diharapkan bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Tabalong khususnya dan masyarakat Kalsel umumnya.
“Berdasarkan pengalaman kami pada saat melaksanakan ibadah haji tahun 1995, timbul ide untuk menjadikan Islamic Center juga sebagai tempat praktek manasik haji. Mesjid Islamic Center ini mampu menampung 3.500 jemaah. Sementara Plaza untuk manasik haji dibangun dengan visualisasi tata cara berhaji seperti di Mekkah ditambah sarana lainnya yang berhubungan dengan bentuk pelaksanaan ibadah haji seperti sesungguhnya, sehingga calon jemaah haji kita bisa melaksanakan praktek tawaf, Sa’i dan lempar jumrah,” jelas H Garibaldi Tahir lagi.
Tidak ketinggalan, di lokasi itu pun dipastikan nantinya akan ada ruang perkantoran, Bank Syariah, tempat penjualan suvenir Islami serta kegiatan lainnya. Seluruhnya diperkirakan akan rampung pada bulan Oktober atau Nopember 2012 mendatang.
Dalam kesempatan itu juga, Presdir PT Adaro didampingi Gubernur Kalsel memberikan bantuan secara simbolis kepada korban kebakaran di Desa Pudak Setegal Kecamatan Kelua beberapa bulan lalu, di mana ada 21 rumah yang ludes terbakar.
Masing-masing KK diberikan Rp5 juta dan jumlah bantuan seluruhnya adalah Rp110 juta.
Sementara, Gubernur Kalsel dalam sambutannya menjelaskan, kunjungannya beserta rombongan merupakan kalender kegiatan tahunan dalam  rangka Safari Ramadhan, bergantian dengan Wakil Gubernur untuk turun ke kabupaten-kabupaten guna bersilaturahmi dengan masyarakat dan para pimpinan daerah.
Gubernur juga memaparkan seputar program pemerintah provinsi Kalsel dalam upaya peningkatan sarana jalan. Di antaranya jalan Tanjung ke Muara Uya yang menelan biaya sekitar Rp2 miliar, pemeliharaan jalan berkala dari Mabuun ke Simpang Empat Haruai dengan biaya Rp3,7 miliar, pemeliharaan berkala jalan Tanjung-Mabuun Rp5 miliar, pelebaran jalan Kelua-batas kota Tanjung Rp16,9 miliar, pembangunan lintas struktur sosial ekonomi wilayah Rp17 miliar dan program  perluasan sawah dengan biaya sekitar Rp15 miliar.
Bertindak sebagai penceramah hari itu H Akhmad atau yang lebih dikenal sebagai Guru Akhmad Jaro.  (Seumber Metro7/via)
Back to Top